10 Kolektor Seni Terbanyak di Dunia

Bookmark and Share

Beberapa orang yang disebut sebagai Kolektor seni dalam beberapa tahun terakhir melakukan pembelian karya-karya seni yang berharga mahal. Para kolektor seni mengumpulkan banyak karya seni untuk hobi, kesenangan, bisnis atau kepentingan yang lain. Kebanyakan dari kolektor seni terbesar di dunia adalah orang-orang terkaya. Kolektor seni yang akan kami sebutkan adalah orang-orang yang berada di peringkat 10 teratas daftar tahunan ARTNews dari 200 kolektor terbesar di dunia tahun 2012.

Quote:1. Hélène dan Bernard Arnault



Profil : Arnault adalah kepala LVMH, konglomerat barang mewah terbesar di dunia. Kekayaannya bernilai sekitar $ 41 miliar. Hélène, istrinya, adalah seorang pianis.

Koleksi Karya Seni: Sampai dengan tahun 2003, Arnault adalah pemilik rumah lelang seni Phillips de Pury & Company, dan LVMH telah lama menjadi organisasi pelindung seni. Arnault secara pribadi dikenal untuk koleksi seni kontemporernya yang meliputi karya Picasso, Yves Klein, Henry Moore, dan Andy Warhol.


Quote:2. Debra dan Leon Black



Profil: Leon Black adalah pendiri Apollo Global Management, kekayaannya bernilai sekitar $ 3,5 miliar. Istrinya Debra adalah produsen Broadway.

Koleksi Karya Seni: Pada tahun 2005, Black dilaporkan membeli $ 27 juta untuk “Bird in Space,” Constantin Brancusi memecahkan rekor untuk pembelian sebuah seni patung.

Dia duduk di dewan pengawas Museum Seni Modern, dan pada bulan Maret dia menyumbangkan 48 juta dollar untuk Dartmouth, sumbangan ini digunakan untuk pembangunan pusat seni visual.


Quote:3. Edythe L. dan Eli Broad



Profil: Dia adalah pendiri dari dua perusahaan besar SunAmerica Inc dan KB Home. Dia adalah seorang dermawan yang memiliki yayasan besar dengan aset lebih dari $ 2 miliar.

Koleksi Karya Seni: Tahun lalu mereka banyak membeli karya seni untuk rumah besar koleksi seni milik mereka. Mereka memiliki koleksi seni dari sekitar 200 seniman, termasuk Jeff Koons, Jasper Johns, Andy Warhol, Jean Michel Basquiat, Roy Lichtenstein, Cindy Sherman, dan Joseph Beuys.


Quote:4. Pierre Chen



Profil: Chen adalah pendiri perusahaan elektronik Taiwan Yageo.

Koleksi Karya Seni: Chen dikenal untuk koleksi seni modern dan kontemporer, yang telah dia kumpulkan sejak pertengahan 1990-an. Pada tahun 2008 dia membayar $ 3,8 juta untuk sebuah lukisan langka Lucian Freud oleh Francis Bacon yang menjadi rekor pembelian untuk sebuah lukisan dari segi ukurannya. Koleksi seninya meliputi karya-karya Andy Warhol, Cy Twombly, Gerhard Richter, serta seni kontemporer dari China dan Taiwan.

Quote:
5. Alexandra dan Steven A. Cohen



Profil: Cohen adalah pendiri hedge fund SAC Capital Advisors, dan memiliki kekayaan bersih yang diperkirakan sekitar $ 9,3 miliar.

Koleksi Karya Seni: Cohen dikenal sering menghamburkan uang untuk pembelian karya seni dari seniman besar. Cohen dikabarkan menghabiskan $ 137.500.000 untuk de Kooning s Wanita III (lukisan termahal kedua yang pernah dijual), dan dia menjadi tamu VIP pada Art Basel fair di Swiss.


Quote:6. Jo Carole dan Ronald S. Lauder



Profil: Lauder adalah Ketua Emeritus dari perusahaan kosmetik Estee Lauder memiliki kekayaan bernilai sekitar $ 3,3 miliar. Dia dan istrinya Jo Carole adalah dermawan aktif.

Koleksi Karya Seni: Menurut ArtNews, koleksi seni Lauders meliputi seni akhir-19 dan awal abad ke-20, terutama karya seniman Jerman dan Austria, seni dekoratif, seni abad pertengahan, senjata dan baju besi.

Pada tahun 2006, Lauder membeli Portrait dari Gustav Klimt tentang Adele Bloch-Bauer I sebesar $ 135 juta, sebuah rekor pembelian pada saat itu.

Quote:
7. Dimitri Mavromatis



Profil: Mavromatis adalah kolektor seni Yunani yang bertempat tinggal di Paris, di meraup kekayaannya dalam bisnis investasi perbankan dan manajemen aset.

Koleksi Karya Seni: Dia memiliki koleksi seni pascaperang dan modern. Pada Juni 2011 ia membelir $ 28 juta untuk salah satu lukisan terkenal Picasso Dora Maar.


Quote:8. Philip S. Niarchos



Profil: Niarchos adalah putra sulung raja kapal Stavros Niarchos dari Yunani, dia memiliki kekayaan bernilai sekitar $ 2,5 miliar.

Koleksi Karya Seni: Niarchos mewarisi koleksi seni almarhum ayahnya, banyak karya seni impresionis dan modern. Salah satunya adalah potret diri Picasso Yo, Picasso, yang dibeli Stavros pada tahun 1989 dengan harga $ 47.800.000.

Dia juga diyakini pembeli tidak dikenal untuk Portrait Vincent van Gogh Self pada lelang Christie 1998 yang dijual kembali seharga $ 71,5 juta, dan pada 1994 dia membeli Andy Warhol Marilyn Merah dengan harga $ 3.630.000.


Quote:9. François Pinault



Profil: Pendiri PPR konglomerat mewah yang memiliki Gucci dan satu ton merek lainnya. Kekayaan bersihnya diperkirakan senilai $ 11,5 miliar.

Koleksi Karya Seni: Pinault adalah pemilik Christie dan karya-karya seni yang ditampilkan di dua museum di Venesia, dan dia dilaporkan memiliki sekitar 2.000 buah karya seni. Koleksi karya seninya banyak diperoleh langsung dari artis seperti Damien Hirst dan Jeff Koons.

Ia juga menampilkan koleksi seni di rumahnya di Paris dan mungkin akan menggunakan ruang dinding baru pada townhousenya senilai $ 32 juta di London untuk menampilkan seni tambahan.


Quote:10. Sheikha Al-Mayassa binti Hamad bin Khalifa Al-Thani



Profil: Sheikha adalah putri dari Emir Qatar dan ketua dewan Otoritas Museum Qatar. Tahun lalu, Art+Auction menyebutnya sebagai orang yang terkuat di dunia seni.

Koleksi Karya Seni: Dia melakukan pembelian karya seni berharga mahal di Qatar, dan dia juga pembeli terbesar dunia seni modern. Dia diyakini berada di balik akuisisi utama termasuk Rothkos, Warhols, dan karya lainnya di tiga museum nasional Doha.

Qatar dilaporkan di adalah pembeli untuk karya seni Paul Cézanne, The Players Card yang dikatakan telah berharga lebih dari $ 250 juta, ini adalah karya seni termahal dari seni yang pernah dijual sepanjang sejarah manusia.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar