INILAH ALASAN YOGA SANGAT BAIK BUAT KESEHATAN

Bookmark and Share


Setiap orang selalu berusaha menghindar dari stres yang menjadi sebab dasar timbulnya berbagai penyakit. Berlatih yoga bisa menjadi pilihan untuk mencegah stres. Mengapa?

Seperti dikutip laman Times of India, Yoga adalah salah satu cara bagus untuk terhubung dengan batin Anda, dan tetap sehat pada saat sama. Melalui pernapasan mendalam dan peregangan pada latihan Yoga, ternyata efektif membantu tubuh menghindari stres.

Berikut alasan, mengapa Yoga baik untuk kesehatan Anda:

Memerangi stres
National Center for Complementary and Alternative Medicine menemukan, yoga memiliki dampak positif pada berbagai jenis gangguan neurologis. Temuan mereka menunjukkan yoga dapat membantu pasien dalam melawan gejala gangguan saraf seperti sakit kepala akut, depresi psikologis dan sebagainya.
Diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine, studi ini mengungkapkan perempuan, bahkan pemula, yang berlatih Hatha Yoga dapat meningkatkan hormon bahagia dengan mengurangi tingkat stres.

Membantu pasien asma
Menurut sebuah studi penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke-56 American College of Sport Medicine (ACSM) di Seattle menemukan, orang dewasa penderita asma meningkat kualitas hidupnya, dan bisa mengurangi gejala asma setelah 10 minggu latihan Yoga.

Menyeimbangkan berat badan di usia setengah baya
Sementara di satu sisi Yoga membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, juga membantu menstabilkan berat badan ketika Anda mencapai usia pertengahan. Itu hasil studi dari para peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle. Para peneliti mengatakan mereka yang kelebihan berat badan di usia pertengahan, lalu berlatih Yoga setiap hari selama lebih dari satu dekade, ternyata berhasil menstabilkan berat badan.

Membantu pasien kanker melawan kelelahan
Pasien kanker yang berlatih Yoga dapat tidur lebih baik, dan bisa melawan kelelahan lebih efisien, demikian kata studi terbaru. Yoga membantu mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi Yoga seperti Thus Yoga semakin dianjurkan untuk semua penderita kanker, dikombinasikan dengan latihan pernapasan restoratif untuk membantu memperbaiki pola tidur mereka.

Tips untuk memulai yoga

Ada sejumlah rekomendasi yang perlu diingat jika melakukan olahraga ini. Pilihlah jenis yoga yang sesuai tipe tubuh Anda. Gerakan Yoga Asana mungkin berbeda untuk orang dengan tipe tubuh berbeda. Beberapa mungkin hanya latihan meditasi dan pernapasan dalam, sedangkan yang lain mungkin pada gerakan ketat dan berat.

Anda juga harus paham bahwa Yoga bukan hanya tentang fleksibilitas. Jangan mencoba dan mengidealkan gambar dan postur seperti disajikan dalam majalah kesehatan. Mereka adalah orang-orang yang sudah mencapai fleksibilitas setelah bertahun-tahun praktik, dan berlatih kebugaran secara rutin.

Jadi sesuaikan dengan kemampuan. Ingat Anda juga harus pandai membaca sinyal tubuh. Usahakan berhenti ketika merasa tak kuat lagi melanjutkan latihan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger