Mengenal Perlengkapan Untuk Studio Foto

Bookmark and Share




Studio Foto – Tuk anda yg hobi dalam bidang fotografi dan berminat tuk mendirkan sebuah studio foto sebagai penunjang hobi sekaligus bisnis anda. Dalam membangun sebuah studio foto tentunya diperlukan beberapa perlengkapan studio foto tuk menunjang kegiatan studio foto anda.
Berikut ini beberapa perlengkapan studio foto yg sebaiknya anda  miliki:

Ruang Studio, untuk ukuran Luas ukuran minimal dari studio foto tergantung dari jenis foto apa yg akan dihasilkan, so kenali kebutahan akan studio foto yg hendak anda pakai

Kamera dan Lensa, terdapat tiga jenis kamera untuk melakukan pemotretan di studio, diantaranya kamera format kecil yg biasa disebut kamera 35mm, kamera medium format dan kamera format besar. Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangan.

Cable Release, tujuan dari perlengkapan studio foto ini adalah sebagai pengganti tombol pelepas rana. Alat ini akan memudahkan fotografer ketika menekan tombol pelepas rana sehingga mengurangi risiko bergoygnya kamera (shake) terutama pade pemotretan dgn kecepatan rana rendah atau bulb.

Electronic Flash Head, Electronic Flash Head atau lampu flash studio adalah lampu yg menyalurkan gas seketika dan memproduksi cahaya berdurasi singkat.

Kabel Sinkronisasi, perlengkapan studio foto ini berfungsi sebagai pemicu agar lampu studio menyala yg mana kabel ini menghubungkan kamera dgn lampu studio.

Triger dan receiver, perlengkapan studio foto ini dipasang di kamera dan lampu studio agar lampu studio bias menyala saat tombol rana kamera ditekan, pemasangan alat ini dimaksudkan agar fotografer dapat leluasa bergerak tanpa direpotkan oleh kabel sinkronisasi yg terpasang dikamera.

Alat Pengukur Cahaya/Flash Meter / Light meter, perlengkapan studio foto ini mengukur cahaya yg dikeluarkan oleh lampu studio dan digunakan tuk menentukan bukaan diafragma yg seharusnya di pakai dikamera, Sebelum menggunakan alat ini dilakukan penyetelan kecepatan rana dan iso yg digunakan

Alat pengukur Suhu warna / Color Meter. perlengkapan studio foto ini menginformasikan mengenai tinggi rendahnya suhu warna sehingga bias didapat nilai dari white balance yg akan disetting di kamera atau penggunaan filter warna yg tepat tuk kamera.

Standar Reflektor, Biasanya setiap pembelian lampu flash studio dillengkapi dgn standar reflector yg menghasilkan cahaya yg langsung dan keras.

Reflektor, Reflektor digunakan tuk memberikan cahaya tambahan yg merupakan pantulan dari cahaya utama, reflector dipasaran terdiri dari 3 warna yaitu putih, perak dan emas dimana masing-masing warna mempunyai karakter dari pentulannya tersebut.

Payung Studio, Payung Studio digunakan tuk menghasilkan efek baygan yg lebih halus serta pancaran cahaya yg lebih luas di bandingkan dgn standar reflector.

Softbox, Softbox digunakan tuk menghasilkan efek cahaya yg lebih halus lagi dibandingkan dgn paying.

Octo Dome, Octo Dome sama seperti Softbox menghasilkan efek cahaya yg lebih halus dan cahaya yg terarah, selain itu octodome menghasilkan efek baygan segi delapan pada pupil mata model.

Snoot, Snoot digunakan tuk mengarahkan pencahayaan ke bagian tertentu saja agar mendapatkan efek spot, Alat ini biasanya digunakan di diatas dan dibelakang objek tuk menyinari rambut sehingga objek terpisah dgn latar belakang. misalnya tuk Hairlight


Sumber: casingmultimedia.blogspot.com

Info Terkait:


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger