Panduan Membuat Meta Tag Blog

Bookmark and Share
Panduan Cara Membuat Meta Tag Blog
Meta tag adalah sebuah script deskripsi yang akan memberikan gambaran kepada mesin pencari tentang karakter dan isi sebuah blog. Salah dalam memberikan deskripsi, maka sama halnya dengan menipu search engine. Algoritma search engine, seperti Panda (milik Google) akan mengeliminasi blog dengan konten yang menyimpang dari deskripsi. Google menganggapnya sebagai trik penipuan dimana hal ini akan merugikan Google sebagai raksasa mesin pencari yang memiliki kredibilitas tinggi. Setiap webmaster dan blogger harus menghindari kesalahan-kesalahan dalam membuat meta tag yang tidak lain fungsinya adalah untuk memberikan sebuah penjelasan kepada spider bot search engine.

Terdapat berbagai macam bentuk meta tag yang bisa diterapkan pada blog. Ada yang terlihat lebih simple dan tidak terlalu banyak memuat unsur deskripsi, ada juga yang terkesan lebih lengkap dengan berbagai macam muatan deskripsi yang dibuat. Anda tinggal memilih seperti apa bentuk meta tag yang anda ingin pakai, selagi meta tag tersebut tidak terkategorikan sebagai meta tag yang salah ia sah-sah saja. Script meta tag yang simple biasanya hanya memuat unsur deskripsi isi blog dan keyword, sementara bentuk meta tag dengan muatan deskripsi yang lebih detail ia memuat unsur deskripsi yang lebih banyak. Tidak hanya deskripsi karakter dan isi blog, tetapi juga memberikan beberapa uraian lain yang berhubungan dengan blog tersebut.

Dibawah ini adalah salah satu bentuk meta tag dengan muatan unsur deskripsi yang baik. Anda bisa menggunakan meta tag ini untuk tujuan optimasi blog kesayangan anda.

<meta content='tulis deskripsi blog anda disini' name='description'/>
<meta content='tulis keyword blog anda disini' name='keywords'/>
< meta content='1 Days' NAME='Revisit-After'/>
< meta content='Global' NAME='Distribution'/>
< meta content='Id' NAME='Language'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='index,follow' name='googlebot'/>
<meta content='all' name='Slurp'/>
<meta content='tulis nama author disini' name='author'/>
<meta content='tulis nama penerbit disini' name='publisher'/>
<meta content='text/html;charset=UTF-8' http-equiv='content-type'/>
<meta content='IE=EmulateIE7' http-equiv='X-UA-Compatible'/>
<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<meta content='width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0' name='viewport'/>
<b:else/>
<meta content='width=1100' name='viewport'/>
</b:if>

Cara memasukkan meta tag ke template:

  • Login ke Blogger
  • Pilih Design, kemudian piih tab Edit HTML.
  • Cari kode <head>
  • Copy kode meta tag diatas dan paste/letakkan dibawah kode <head>
  • Simpan template

Optimasi blog dilakukan dengan berbagai macam cara dan metode. Dari sekian metode yang ada,  membuat meta tag yang baik dan akurat merupakan diantara poin terpenting. Anda harus memperhatikan script meta tag pada blog anda, karena meta tag mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat komunikasi antara blog dengan search engine selama proses crawl.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger