Makanan Terlezat Ala CNNGo di Dunia

Bookmark and Share
Makanan Terlezat Ala CNNGo di Dunia


Di dunia ini, kita telah mengenal banyak jenis makanan dari berbagai negara. Terutama bagi kita yang suka berwisata kuliner, pasti akan mencicipi makanan baru yang ada di tempat-tempat wisata. Makanan yang biasanya terkenal adalah makanan yang lezat menurut selera banyak orang.

Makanan lezat dan juga terkenal di kancah Internasional, seperti makanan dari Korea, yaitu Kimchi, Bulgogi dan Bibimbap.


-          Kimchi


Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang sudah terkenal di dunia. Kimchi merupakan hidangan yang dibuat dengan mengasinkan kubis dan lobak Korea Korea dengan garam, bumbu dengan paprika merah, bawang putih, daun bawang,  jahe, dan makanan laut yang sudah difermentasi. Semua bahan dicampur kemudian dibiarkan fermentasi. Kimchi adalah lauk klasik di Korea, dengan ciri fermentasi dan penyimpanannya yang khas.

Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.
Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi, nasi goreng kimchi dan berbagai masakan lain.


-          Bulgogi


Bulgogi adalah masakan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi yang bagus. Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.


-          Bibimbap


Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

Bibimbap memiliki variasi yang banyak menurut daerahnya di Korea. Kota Jeonju di Jeolla Utara adalah kota asal variasi bibimbap daerah yang paling terkenal di Korea yang dinamakan "Jeonju Bibimbap". Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut Dolsot Bibimbap. Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.


Kemudian makanan lainnya yang telah dikenal di kancah Internasional dari negara kita sendiri juga cukup banyak. Misalnya adalah sate dan rendang. Keduanya cukup diminati oleh banyak orang di dunia ini.


-          Sate


Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain.

Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta kerap disajikan dalam pesta dan kenduri. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate.

Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya. Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.


-          Rendang


Rendang adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya.

 Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang merupakan masakan khas Minang secara umum. Biasanya masyarakat Indonesia sering membuat rendang di hari istimewa, seperti hari raya Iedul Fitri maupun hari raya Iedul Adha.



Menurut CNNGo ada 50 makanan terlezat di dunia. Beberapa diantaranya mungkin sudah kita makan, seperti sushi, pizza, hamburger dan kebab. Keempatnya sepertinya tidak asing lagi namanya di kalangan masyarakat Indonesia.

-          Sushi dari Jepang


Sushi adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi dan lauk. Nasi sushi rasanya masam karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Lauk sushi biasanya disebut neta, dapat berupa ikan, kerang, belut, udang, kepiting, telur ikan, cumi-cumi, gurita beserta serutan labu, mentimun, kedelai fermentasi, saus buah plum, cacahan daging ikan tuna dengan daun bawang dan sayuran hasil fermentasi.

Sushi dalam kemasan nampan plastik bisa dijumpai di pojok makanan matang toko swalayan dan toko serba ada. Selain itu, penjual ikan segar juga sering menjual sushi hampir di setiap wilayah di Jepang. Sedangkan di Indonesia, beberapa toko swalayan terkemuka menjual sushi dalam kemasan. Di restoran yang menyediakan menu makanan Jepang, sushi sering dimasukkan ke dalam menu bersama-sama dengan masakan Jepang lainnya.


-          Pizza dari Italia


Di Indonesia, siapa yang masih belum kenal akan jenis makanan yang satu ini, yaitu Pizza. Rasanya hampir semua orang pernah memakan pizza. Pizza asli berasal dari Italia dan bisa ditemui di Pizzeria. Salah satu rahasia kelezatan Pizza Italia adalah proses pemanggangannya yang dilakukan di dalam oven tradisional dengan bara api. Hal ini dikarenakan jika dipanggang dengan oven listrik, umumnya adonan pizza tipis akan menjadi keras.

Pizza adalah sejenis roti berbentuk bundar yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipakai biasanya mozzarella.

Jenis bahan lain juga dapat ditaruh di atas pizza, biasanya daging dan saus, seperti salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, juga bawang bombay, jamur dan lain lain. Rotinya biasa dibuat seperti roti biasa namun bisa diberi rasa tambahan dengan mentega, bawang putih, tanaman herbal, atau wijen.


-          Hamburger dari Jerman


Hamburger adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayonaisse, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, asinan, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan Ham.

Sekarang hamburger banyak dijual oleh jaringan restoran cepat saji di berbagai negara, tetapi yang paling terkenal dari seluruh restoran yang menjual hamburger di seluruh dunia adalah McDonalds, Burger King, A&W. Konsumsi burger di seluruh dunia amat populer karena rasanya yang lezat dan kepraktisannya, hamburger bisa dimakan sambil dibawa berjalan.

Di berbagai negara, banyak yang memvariasikan burger hingga sesuai dengan cita rasa mereka sendiri, ada yang mengganti penggunaan daging sapi dengan daging babi, cumi-cumi, ikan, bahkan udang dan lobster juga pernah digunakan. Beberapa contoh burger yang cukup unik adalah Rice Burger, makanan ini ditemukan di Jepang, China, dan Taiwan, mereka menggunakan nasi sebagai pengganti roti pada burger mereka. Beberapa orang juga memvariasikan burger vegetarian dengan mengganti penggunaan daging pada burger dengan gluten, juga ada Tofu burger yang menggunakan tahu sebagai pengganti daging.

Di Indonesia, ada burger lokal khas Indonesia yang lebih akrab dengan lidah masyarakat kita, di antaranya adalah Blenger Burger dengan menu andalan Cheese Burger mereka, selain itu juga ada Klenger Burger, dan Edam Burger yang sukses menembus pasar Timur Tengah. Selain itu, juga ada variasi tempe burger yang menggunakan tempe sebagai pengganti daging pada burger, dan burger batok, sebuah burger yang dimasak dengan cara dikukus dalam batok kelapa, sehingga membuat aroma dan rasa khas yang nikmat.


-          Kebab dari Iran


Kebab adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang atau daging bakar bakar yang ditusuk memakai tusukan. Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. Kebab daging babi dikenal dalam masakan Azerbaijan, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan negara bagian Goa di India.

Saat ini sepertinya kebab tak hanya ditusuk, namun juga dapat disajikan seperti burger. Kita dapat menjumpai makanan yang satu ini di banyak tempat di Indonesia. Harganya pun cukup murah untuk kantong masyarakat Indonesia, sehingga peminat Kebab juga banyak.






{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger