Tips Penyebab Turunnya Kesehatan Seksual

Bookmark and Share

Lima hal yang dekat dengan kita ternyata bisa mempengaruhi kesehatan seksual.

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah kesehatan seksual? Mungkin Anda memikirkan tentang terbebasnya seseorang dari penyakit-penyakit seksual. Memang benar. Namun, bebas dari penyakit seksual hanyalah salah satu aspek saja. Secara umum, kesehatan seksual didefinisikan sebagai keadaan sehat fisik, psikologis, dan sosial yang terkait dengan seksualitas dan terjadi secara terus menerus. Jadi, kesehatan seksual mencakup banyak hal.

Anda dinyatakan sehat secara seksual jika bisa secara bebas dan bertanggung jawab mengekspresikan seksualitas yang bisa meningkatkan kehidupan pribadi dan sosial. Sehat berarti juga harus tidak ada penyakit seksual (misalnya, sifilis atau gonore), tidak mengalami disfungsi seksual (misalnya,: vaginismus), dan tidak memiliki kekurangan kemampuan seksual (misalnya, sulit orgasme).

Penyebab menurunnya kesehatan seksual sendiri ada banyak faktor. Antara lain:

1. Stres
Masalah pekerjaan, keluarga, keuangan atau masalah pribadi yang berlarut-larut bisa membuat kita stres. Dan, stres inilah yang membuat kita tidak bisa menikmati aktivitas lain, termasuk seks.

2. Kurang Olahraga
Inilah yang membuat tubuh kita cepat lelah. Akibatnya, gairah sering hilang bersama datangnya kantuk di malam hari. Padahal, dengan berolahraga Anda tak cuma dapat tubuh sehat tapi juga gairah makin menyala.

3. Diet Tak Sehat
Demi menurunkan berat badan, kita rela melakukan berbagai macam diet. Namun, diet yang dilakukan tanpa pengawasan dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh, justru dapat membuat tubuh lemas dan sakit. Ketika tubuh lemah dan kekurangan nutrisi, otomatis gairah seks pun menurun.

4. Cemas Berlebihan

Libido juga bisa turun jika kita merasa takut pada aktivitas seks itu sendiri. Ketakutan atau kecemasan berlebihan ini bisa disebabkan beberapa hal. Misalnya, trauma karena pelecehan seksual, perkosaan atau ketakutan lain.

5. PMS (Pre Menstrual Syndrome)
Tentu Anda sangat memahami pengaruh tamu bulanan dan PMS yang membuat perempuan menjadi lebih sensitif. Ketidaknyamanan dari perubahan hormon yang terjadi ini memang bisa menurunkan libido kita.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar