Phsycology :: Melawan Kesedihan dari Dalam Diri

Bookmark and Share
Kesedihan dan depresi bukan cuma mencuri kebahagiaan hidup tapi jugamenyebabkan tubuh mudah jatuh sakit. Jangan biarkan berlarut-larut,Anda bahkan bisa memberdayakan diri untuk bangkit dari depresi.

Neurotransmiter,termasuk endorfin, serotonin, dan dopamin, adalah pengirim pesan otakyang mengatur mood, konsentrasi, motivasi, dan emosi lainnya.Obat-obatan antidepresan biasanya bekerja untuk meningkatkan sirkulasineurotransmiter ke area otak yang menyebabkan depresi.

Denganmemahami bagaimana kerja zat-zat kimia penyampai pesan otak tersebutkita bisa memanfaatkannya untuk melawan depresi. Bahkan tanpa obat.

Endorfin

Tubuhakan dibanjiri hormon ini setelah kita berolahraga atau berhubunganseksual. Tubuh memang mengeluarkan hormon ini saat kita berada dalamtekanan emosional atau fisik.

Kita bisa meningkatkan produksiendorfin dengan berbagai cara, antara lain berolahraga aerobikintensitas sedang, tertawa lepas, serta mengasup cokelat.

Serotonin

Kerjaneurotransmiter ini adalah mengatur tidur, mengurangi nyeri, danmeningkatkan mood. Saat kadar serotonin dalam tubuh rendah maka kitalebih mudah mengalami depresi bahkan rasa putus asa sampai ingin bunuhdiri.

Bagaimana cara meningkatkan serotonin? Pertama adalahberpikir bahagia, banyak berjalan-jalan di udara terbuka, serta melaluimakanan. Tubuh akan mengubah asam amino triptophan menjadi serotonin.Karena itu konsumsi makanan yang mengandung triptophan seperti susu,kacang-kacangan, atau beras merah.

Dopamin

Neurotransmiterini dikaitkan dengan motivasi dan pusat kesenangan di area otak yangmembantu kita melawan gejala depresi seperti kecemasan sertaberkurangnya minat.

Kerja dopamin bisa ditingkatkan dengan caramelakukan hal-hal yang membuat hati senang, misalnya mendengarkan musikfavorit, mengonsumsi makanan yang disukai, serta memperbaiki polahidup. Kurang istirahat, merokok, sering mengasup makanan yang banyakmengandung gula, serta stres, akan mengurangi kadar dopamin dalam tubuh.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger