Darah :: Wah! Ada Tes Darah untuk Mengukur Kadar Cinta

Bookmark and Share
Tak mudah untuk mengetahui berapa kadar cinta yang dimiliki olehseseorang terhadap pasangannya. Tapi kini ada tes darah yang bisadilakukan untuk tahu apakah cintanya bertahan lama atau tidak.

Sebuahstudi baru menunjukkan untuk tahu apakah cinta seseorang bertahan lamabukan dari ciumannya, tapi dari berapa kadar hormon oksitosin dalamtubuhnya yang diketahui melalui tes darah.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Psychoneuroendocrinologymelaporkan tingkat oksitosin atau cuddle chemical (biasa muncul saatorang menyusui, berhubungan seks serta ikatan antara orangtua dan anak)yang lebih tinggi dikaitkan dengan respons emosional yang lebih tinggiantara pasangan dan diprediksi bisa bertahan lama.

Penelitimelibatkan 163 orang dewasa berusia 20-an tahun, sekitar 120 orangadalah pasangan yang baru saja menjalin hubungan sedangkan sisanyaadalah single. Ternyata orang yang baru berpasangan memiliki tingkatoksitosin lebih tinggi dibanding single, dan lebih tinggi lagi saat adasentuhan mesra, suasana hati baik dan berpegangan tangan.

Hallainnya adalah jika pasangan memiliki kadar oksitosin yang tinggi sejakawal hubungan maka lebih mungkin untuk tetap bersama dalam jangka waktupanjang dibanding dengan pasangan yang kadar oksitosinnya lebih rendah.

Penelitimengungkapkan tingkat oksitosin yang lebih tinggi di awal hubunganmenunjukkan bahwa periode awal cinta romantis bisa memicu aktivitaspaling kuat dari sistem oxytocinergic, seperti dikutip dariHealthland.TIME, Kamis (23/2/2012).

Temuan dari studi inikemungkinan menunjukkan bahwa melakukan hal-hal romantis denganpasangan dalam suatu hubungan adalah hal yang penting untuk pembentukanikatan romantis yang selektif dan abadi.

Beberapa hal diketahuibisa meningkatkan kadar oksitosin di dalam tubuh seperti kata-kataromantis, pikiran dan perilaku yang menunjukkan rasa kasih sayang sertaadanya hubungan cinta.

Oksitosin adalah hormon yang diproduksidi hipotalamus dan akan dilepaskan ke dalam darah jika mendapatkanstimulasi yang tepat. Oksitosin sering juga disebut sebagai hormoncinta.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger