Mata :: Mau Mata Sehat? Ikuti 6 Saran Ini

Bookmark and Share
Sebagai indera penglihatan, mata memiliki peran vital dalam menunjangsegala macam bentuk aktivitas manusia. Tanpa mata yang sehat, Andamungkin akan mengalami sedikit hambatan, misalnya dalam berkarier.

Banyakcara untuk menjaga agar mata tetap sehat, misalnya dengan mengonsumsimakanan bernutrisi yang baik untuk mata. Selain itu, Anda juga dapatmengikuti beberapa petunjuk di bawah ini untuk menjaga pengelihatanAnda tetap dalam kondisi optimal :

1. Pakai kacamata hitam
Sinarmatahari tidak hanya merusak kulit tetapi juga mata. Jika tabir suryadapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, maka Anda jugadapat menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinarultraviolet.

Paparan sinar matahari terus menerus pada matadapat menyebabkan penyakit katarak dan degenerasi makula. Hal inidisebabkan karena sinar ultraviolet dari matahari menembus retina yangmenyebabkan kerusakan mata. Ketika memilih kacamata, jangan gunakankacamata untuk kosmetik tetapi pilihlah kacamata yang dapat memberikanperlindungan 99 persen atau 100 persen dari  sinar UV.

2. Berhenti merokok
Merokoksangat akrab hubungannya dengan perkembangan penyakit sepertiparu-paru. Namun, kebiasaan merokok juga memiliki hubungan langsungdengan masalah mata. Jika Anda seorang perokok, maka Anda berada padarisiko terkena sejumlah penyakit mata termasuk katarak, degenerasimakula, sindrom mata kering, kerusakan saraf optik, dan retinotherapy bahkan diabetes.

3. Batasi konsumsi alkohol
JikaAnda gemar mengonsumsi minuman beralkohol, kemungkinan besar hal initidak membahayakan mata Anda. Tapi minum yang berlebihan untuk jangkawaktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan mata. Penyalahgunaanalkohol dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan degenerasi sarafoptik, yang dapat mengakibatkan penurunan penglihatan, kelemahan, danpenurunan kemampuan dalam membedakan warna.

4. Kontrol tensi dan kolestrol
Tekanandarah tinggi (hipertensi) apabila tidak diobati dapat mempengaruhipenglihatan dan bahkan menyebabkan retinotherapy hipertensi. Namunkabar baiknya kondisi ini dapat dicegah dengan menjaga tekanan darahtetap normal. Selain itu,  penting juga untuk menjaga kadar kolesteroltetap sehat. Pasalnya, tingkat kolesterol tinggi dalam darah dapatmenyebabkan oklusi vena retina (penyakit mata vaskular).

5. Jaga gula darah
Tingginyakadar gula darah yang tidak terkontrol dalam jangka waktu panjang dapatmenyebabkan retinotherapy diabetes. Retinotherapy diabetes adalahkerusakan mata pada lapisan paling dalam dari mata, retina. Komplikasimata lain yang berkaitan dengan diabetes meliputi: kebutaan, erosikornea, katarak, penglihatan ganda, dan pendarahan.

6. Makanan kaya Antioksidan

Mengonsumsimakanan kaya akan antioksidan seperti bayam, kangkung, dan sawi adalahsangat baik tidak hanya untuk kesehatan mata tetapi kesehatan secarakeseluruhan. Antioksidan adalah vitamin yang melindungi dan memperbaikisel-sel dari kerusakan seperti infeksi sehingga menjaga sistemkekebalan tubuh tetap kuat. Buah dan sayuran yang berwarna-warni tinggiakan kandungan antioksidan termasuk diantaranya berry, prunes, plum, kecambah, terong, kacang, dan anggur merah.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger