Kenali Velg Mobil Terbaik Dari Bahan Dan Bentuknya

Bookmark and Share


Bahan utama pembuatan velg mobil, adalah alumunium. Namun pada perkembangannya, bahan alumunium ini dicampur dengan bahan lain seperti baja. Jika dilihat dari car pembuatannya , velg dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :

* Forged Wheel, velg dengan kekuatan sangat tinggi

* Pressure Cast Wheel , velg dengan kekuatan sedang

* Cast Wheel, velg dengan kekuatan rendah

Velg-velg yang beredar saat ini kebanyakan adalah tipe Cast Wheel, itupun dengan kualitas nomer dua, mengingat harganya yang masih terjangkau.Berbeda dengan velg yang beredar pada jaman sekitar tahun 1980. Pada masa itu, velg yang beredar adalah velg-velg jenis Forged Wheel dan Pressure Cast Wheel. Merek-merek terkenal pada jaman itu antara lain seperti TRD (For Racing Use Only), Enkei COMPE, Hartge, Super Advan, dll.

Model velg seperti ini, untuk masa sekarang modelnya memang sudah ketinggalan jaman dan sulit dicari. Akan tetapi, sejak munculnya aliran retro, velg-velg jenis ini kembali diminati dan memang telihat paling sesuai untuk mobil retro, dengan ukuran yang umum beredar adalah berkisar antar 13-15 inchi.

Jika berminat membeli velg-velg produksi lawas ini, syarat utama adalah harus memiliki kejelian dan ketelitian. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

* Bibir Velg, harus bebas dari pecah ataupun benjol. Cara pengecekannya , sekilas bisa dengan melihat permukaannya atau menggunakan mesin balancing agar lebih teliti. Periksa juga apakah ada bekas garis-garis bubutan, karena velg yang pernah bengkok atau benjol pasti diperbaiki dengan cara dibubut.

* Offset Velg, apabila ada bekas garis-garis bubutan, berarti velg tersebut sudah dirubah dari kondisi aslinya.

* Cat Velg,dalam kondisi asli, cat pada velg akan lebih mengkilap dibanding dengan polesan. Cara paling mudah dengan melihat pada emblem atau cetakan velg tersebut, velg yang masih asli memiliki sudut cetakan yang masih tajam.

Temukan info lebih lengkap seputar velg mobil retro

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger