Tips Meningkatkan Daya Ingat

Bookmark and Share
Masalah lupa adalah masalah yang sering dihadapai oleh kita. Anda harus tahu Tips Meningkatkan Daya Ingat. Kadangkala masalah Daya Ingat sangat merepotkan kita. Jika gangguan ingatan sudah mulai menyulitkan hidup Anda, maka perlu dilakukan tindakan yang bisa meminimalisir sifat lupa itu.

Tips Meningkatkan Daya IngatNah, di bawah ini Tips Meningkatkan Daya Ingat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga atau meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Health.

1. Sarapan Roti Panggang
Sebuah penelitian di Tuft University menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi karbohidrat di pagi hari memiliki daya ingat yang buruk. Sel otak Anda membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara optimal. Roti gandum panggang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet dan otak Anda.

2. Olahraga Pagi Sebelum Bekerja
Menurut Sandra Aamodt, PhD, penulis "Welcome to Your Brain", olahraga meningkatkan peredaran darah ke otak dan menyuplai lebih banyak oksigen serta glukosa yang sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar. Berdasarkan penilitian di Journal Neurobiology of Learning and Memory, Anda dapat mempelajari kosakata baru 20% lebih cepat setelah berolahraga. Disarankan untuk mengambil kelas aerobik atau kickboxing, agar Anda dapat melatih memori dengan menghafalkan gerakan yang diberikan oleh instruktur.

3. Ganti Font Tulisan
Apakah Anda biasanya menggunakan font Times New Roman? Cobalah mengganti font tulisan Anda. Memfokuskan otak terhadap jenis font tulisan yang berbeda dapat meningkatkan kinerja otak. Mengubah font tulisan dari Times New Roman menjadi Comic Sans Italicized dapat melatih otak untuk lebih berkonsentrasi.

4. Browsing Ketika Jam Makan Siang
Sebuah studi di University of California menunjukkan, menghabiskan waktu selama satu jam sehari di internet dan browsing mengenai hal yang Anda sukai dapat menstimulasi bagian frontal lobe otak, yang menyimpan memori jangka pendek. Sirkuit syaraf akan lebih terangsang ketika Anda melakukan pengambilan keputusan sambil mengasah kemampuan verbal dan visual-spasial anda.

5. Perhatikan Tempat Parkir Mobil Anda
Selalu lupa di mana Anda memarkir mobil? Cobalah cara ini untuk mengatasinya. Begitu keluar dari mobil, lihatlah ke sekeliling tempat parkir Anda, lalu gerakkan mata Anda ke kiri dan kanan setiap satu atau dua detik selama 30 detik. Latihan visual ini dapat meningkatkan memori jangka panjang Anda hingga 10%.

6. Gunakan Dental Floss Sebelum Tidur
Menggunakan dental floss secara teratur dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, begitu pula dengan daya ingat. Apabila Anda tidak menggunakan dental floss, dapat terjadi pembengkakan di gusi dan meningkatkan risiko masuknya bakteri jahat ke aliran darah. Ketika sudah berada di dalam aliran darah, bakteri dapat menyebabkan radang di bagian tubuh termasuk otak. Gunakanlah dental floss dua kali sehari untuk mencegah hal tersebut.

Nah, semoga informasi Tips Meningkatkan Daya Ingat di atas bermanfaat untuk Anda. Tahukah Anda bahwa ikan bermanfaat untuk otak, oleh karena itu Anda perlu membaca Tips Memilih Ikan Segar agar baik untuk kesehatan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger