Tentang Hari Perempuan Sedunia

Bookmark and Share
Tentang Hari Perempuan Sedunia
Pada tanggal 8 Maret, kaum perempuan di seluruh dunia memperingati Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day. Dipilihnya tanggal 8 Maret sebagai International Women's Day, karena pada tanggal yang sama di tahun 1917 terjadi sebuah momentum bersejarah. Wanita di Rusia, untuk pertama kalinya diberikan hak suara oleh pemerintah Rusia. Inilah slah satu alas an mengapa International Women's Day jatuh pada tanggal 8 Maret.

Dikutip dari http://bh-apik.or.id, Hari Perempuan Sedunia sesungguhnya merupakan kisah perempuan biasa yang menoreh catatan sejarah; sebuah perjuangan berabad-abad lamanya untuk dapat berpartisipasi dalam masyarakat, seperti halnya kaum lelaki.
Gagasan untuk memperingati hari Perempuan Sedunia sebenarnya sudah berkembang sejak satu abad yang lalu tatkala dunia industri ini sedang dalam masa development dan pergolakan. Peningkatan laju pertumbuhan penduduk serta munculnya paham-paham radikal. Berikut ini adalah kronologi singkat dari sederet peristiwa penting yang mengiringi perjalanan International Women's Day.

Pada tahun 1909, dalam rangkaian pendirian Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional pertama kali diperingati pada tanggak 28 Februari di Amerika Serikat. Hari hari tersebut kemudian terus diperingati perempuan pada setiap hari minggu terakhir bulan Februari sampai tahun 1913. Tahun 1910, pertemuan kelompok sosialis internasional di Copenhagen, Denmark, memutuskan untuk memiliki Hari Perempuan Internasional sebagai penghormatan atas hak-hak asasi perempuan dan mendorong diperolehnya hak suara bagi semua perempuan di dunia. Keputusan ini diterima secara bulat oleh semua peserta yang diikuti oleh lebih dari 100 perempuan dari 17 negara, termasuk tiga perempuan pertama yang dipilih sebagai anggota parlemen Finlandia. Saat itu, mereka belum memutuskan pada tanggal berapa peringatan hari tersebut akan diadakan.

Tahun 1911, sebagai tindak lanjut dari keputusan yang telah diambil setahun sebelumnya, Hari Perempuan Sedunia untuk pertama kalinya diperingati (pada tanggal 19 Maret) di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss, dimana lebih dari satu juta perempuan dan laki-laki bersama-sama turun kejalan. Selain hak untuk ikut serta dalam pemilu dan posisi di dalam pemerintahan, mereka juga menuntut hak bekerja, kesempatan memperoleh pelatihan, dan penghapusan diskriminasi dalam pekerjaan.

Kurang dari satu minggu sejak peringatan tersebut, tepatnya pada tanggal 25 Maret terjadi insiden besar di New York yang menelan korban lebih dari 140 buruh perempuan yang kebanyakan adalah imigran dari Italia dan Yahudi. Kejadian tersebut sangat mempengaruhi peraturan perburuhan di Amerika Serikat dan kondisi kerja yang menyebabkan insiden ini terjadi kemudian dikecam habis-habisan selama peringatan Hari Perempuan Internasional pada tahun berikutnya.

Tahun 1913-1914, sebagai bagian dari upaya perdamaian yang berkembang selama berlangsungnya Perang Dunia I. Perempuan Rusia memperingati Hari Perempuan Internasional untuk pertama kalinya pada hari Minggu terakhir bulan Februari 1913. Di belahan Eropa lainnya, pada atau sekitar tanggal 8 Maret di tahun berikutnya, perempuan berunjuk rasa untuk memprotes perang sebagai bentuk ungkapan solidaritas kepada saudara-saudara perempuan di seluruh dunia.

Tahun 1917, dengan terbunuhnya dua juta tentara Rusia dalam perang, perempuan Rusia sekali lagi turun kejalan pada hari minggu terakhir di bulan Februari menyerukan "Roti dan Perdamaian". Para pemimpin politik menentang unjuk rasa tersebut, tetapi para perempuan ini tetap bertahan. Dan sejarah mencatat bahwa empat hari kemudian, Czar (raja) turun tahta dan pemerintahan sementara mengakui hak perempuan untuk ikut serta dalam pemilu. Hari bersejarah itu jatuh pada tanggal 23 Februari di Kalender Julian yang digunakan di Rusia atau tanggal 8 Maret menurut kalender Gregorian (kalender Masehi yang juga kita gunakan). Dan sejak saat itulah Hari Perempuan Sedunia diperingati pada hari yang sama oleh perempuan di seluruh dunia.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger