Review SMC SMCWBR11S-3GN

Bookmark and Share

Wireless router berukuran kompak ini juga mendukung koneksi 3G dari modem eksternal.
SMC SMCWBR11S-3GN merupakan sebuah wireless router dengan dukungan terhadap modem 3G. Wireless router ini hadir dengan ukuran fisik yang kompak, kira-kira hanya sekepalan tangan saja.
Dengan ukuran yang kompak seperti itu, perangkat ini bisa dijadikan sebagai wireless router portabel. Namun sayangnya tidak tersedia opsi untuk menggunakan sumber daya selain dari adaptor daya yang sudah disediakan.
Melirik tampilannya, SMC SCMWBR11S-3GN ini memiliki deretan lampu-lampu LED di bagian atasnya. Lampu-lampu LED ini berfungsi sebagai  indikator aktivitas router. Di bagian depannya terdapat sebuah port USB. Nah, port USB ini digunakan untuk memasangkan modem 3G eksternal yang biasa Anda gunakan. Di bagian belakangnya terdapat satu buah antena, dan dua buah port RJ45, satu untuk LAN dan satu untuk WAN.
Wireless router keluaran SMC ini memiliki spesifikasi yang lumayan. Wireless router ini mendukung koneksi nirkabel dengan standar 802.11n. Kecepatan yang dihasilkan secara teoritis mampu mencapai 150 Mbps. Port LAN dan WAN yang tersedia belum mendukung gigabit, maksimal hanya 100 Mbps. Wireless router ini juga mendukung koneksi 3G melalui modem USB. Namun sayang tidak tersedia informasi mengenai kompatibilitas router ini dengan berbagai macam modem 3G USB yang beredar di pasaran.
Menggunakan wireless router ini terbilang cukup mudah. Saat kami mencobanya, kami tidak menemui masalah saat mengaktifkan dan menghubungkannya ke jaringan. Saat mencobanya, kami dapat langsung mengakses panel kontrol web-nya untuk melakukan konfigurasi lebih lanjut. Tampilan panel kontrolnya terbilang cukup lengkap. Bagi pengguna awal, tersedia setup wizard untuk membimbing pengguna awal melakukan pengaturan.
Pada panel kontrol ini, tersedia berbagai pilihan untuk mengatur berbagai keperluan standar, seperti alamat IP, metode enkripsi, dan firewallWireless router ini mendukung berbagai macam metode enkripsi, mulai dari WEP, WPA, dan WPA2. Karena mendukung koneksi 3G, SMC SMCWBR11S-3GN ini telah menyediakan berbagai profil koneksi dari berbagai operator di berbagai negara, termasuk Indonesia. Berbagai macam profil koneksi dari operator-operator GSM di Indonesia telah tersedia dan bisa juga diedit sesuai kebutuhan.
Untuk mengetahui kinerjanya, kami mencoba mengetahui throughput yang mampu dihasilkan oleh wireless router ini. Kami mencoba memasangkannya dengan dua buah komputer, satu menggunakan LAN, dan satu lagi menggunakan wireless adapter 802.11n. Hasilnya,throughput SMC SMCWBR11S-3GN ini tidak terlalu tinggi. Rata-rata throughput yang dihasilkan berada di angka 26,351 Mbps dengan capaian maksimal 47,281 Mbps. Response-nya juga tidak terlalu cepat dengan rata-rata 3,035 detik. Sayang kami tidak sempat mengujifeature 3G karena keterbatasan waktu dan perlengkapan.
(Steven Irwandi)
****
Untuk kebutuhan skala kecil atau rumahan, SMC SMCWBR11S-3GN ini sudah cukup memadai.Throughputnya memang tidak terlalu besar, tapi mampu memenuhi kebutuhan jaringan kecil.Feature 3G juga menjadi daya tarik sebagai koneksi internet alternatif.

Spesifikasi SMC SMCWBR11S-3GN
Standar
802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor
1 x USB, 1 x LAN, 1x WAN
Kecepatan transfer data
Maksimal 150Mbps
Feature
3G budget status; DHCP server; DHCP client; DNS Proxy; Automatic IP; Static IP; Static Route; UpnP; DDNS; Firewall; Enkripsi WEP, WPA, WPA2
Bobot
78 gram
Kelengkapan
Power adapter; Kabel RJ45; CD Manual & Buku Panduan
Garansi
1 tahun
Situs
Kisaran harga
-




Antar muka Panel Kontrol 
Tampilan salah satu menu yang ada pada SMC SMCWBR11S-3GN.  





Profil Siap pakai 
Tersedia bermacam-macam profil koneksi dari beberapa operator GSM di Indonesia. Negara lain pun tersedia





Kecepatan Biasa Saja 
Hasil uji throughput menunjukan kecepatan yang tidak terlalu tinggi.



Plus
     
: Kecil; kompak; ramping; instalasi mudah; antarmuka panel kontrol mudah dimengerti; multifungsi; mendukung modem 3G/HSDPA.
Minus Port RJ45 belum gigabit; throughput agak rendah.

Skor Penilaian 
- Penggunaan     : 4
- Kinerja              : 3,5
- Fasilitas            : 3,75
- Harga                : -
- Skor Total         : -

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger