Membina Keluarga Harmonis

Bookmark and Share


Setiap orang yang membentuk keluarga pastinya menginginkan suasana keluarga harmonis dan terasa nyaman. Namun, kadang harapan itu tak seslu mulus karena ujian kadang datang untuk menguji keharmonisan keluarga. Ketika ujian yang tak segera disadari dan dicari solusinya maka akan berakibat fatal bagi kelangsungan dan keharmonisan keluarga. Ada beberapa hal yang membuat kelaurga tetap harmonis diantaranya adalaha sebagai berikut:

Jalin komunikasi yang baik
Komunikasi merupakan hal yang penting dalam keluarga karena dengan komunikasi yang lancar maka masalah yang timbul akan dengan mudah terselesaikan. Ketika terjadi mis komunikasi maka segeralah untuk meluruskan komunikasi yang bermasalah tersebut.

Jangan malu mengakui kesalahan
Dalam keluarga biasanya ada salah satu anggota yang ingin menang sendiri karan menganggap dirinya yang paling tahu dan benar. Ketika berbuat salah segeralah meminta maaf atas kesalahan yang terjadi sehingga maslahnyantidak berlarut-larut. Walaupun rasanya berat tapi itulah jalan yang terbaik ketika melakukan kesalahan.

Ciptakan suasana demokratis
Suasana demokratis sangat penting dalam kehidupan keluarga. Karena dengan suasana demokratis  maka pendapat dan unek-unek setiap anggota keluarga bisa tersampaikan dengan baik. Ketika suasana ini belum tercipta maka segeralah untuk merintis suasana ini sehingga nantinya akan terbiasa.

Hargai kekurangan
Setiap orang memiliki takdir sendiri-sendiri dan setiap ada kekurangan pasti ada juga kelebihannya. Setiap manusia tidak ada yang sama walaupun bersaudara. Hindarilah membanding-bandingkan kelebihan anggota keluarga.

Pelihara empati
Sikap empati adalah turut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dalam kehidupan berkeluarga empati memiliki peran yang penting karena disitulah letak perasaan seiring sejalan dalam keluarga.

Mudah-mudahan bermafaat dan keluarga yang harmonis senantiasa kita rasakan.......

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar