17 Meteorit Terbesar Koleksi Bumi

Bookmark and Share
Ahnighito or Tent meteorite c.1894: Photographer unknown via Meteorite Recon
Seperti buronan dalam pelarian dari sistem tata surya yang jauh, meteor meluncur cepat melalui atmosfer bumi, menerangi mata pengamat di tanah. Seringkali bola api dari logam dan batu terbakar dalam kobaran api kemuliaan, dan banyak yang tidak bertahan memasuki permukaan bumi. Mereka yang berhasil sampai permukaan tanah memulai kehidupan dengan menetap di Bumi sebagai meteorit.

Kembali pada hari: Meteorit Willamette, sebelum 1923
Photographer unknown via NASA
Ini adalah salah satu dari 7 meteorit tunggal paling besar yang dikenal di bumi – monster besi yang tetap utuh selama ribuan tahun.

7. Willamette, USA: Perkiraan Berat: 15.5 ton
Sebesar 7,8 meter persegi dan 15,5 ton, Willamette adalah meteorit terbesar yang ditemukan di AS, khas benjolan biji terdiri dari 91% besi dan 7,62% nikel,tanpa ada bekas kawah dari berdampak tabrakannya seperti pada situs aslinya di Oregon.

Dua anak laki-laki yang duduk di Willamette Meteorit 1911
Photo: American Museum of Natural History published in the New York Times
Walaupun dihormati oleh penduduk asli Amerika – yang masih berpendapat itu harus dikembalikan – penemuan Willamette modern dibuat oleh pemukim Ellis Hughes pada tahun 1902. Menyadari arti pentingnya, Hughes menghabiskan waktu tiga bulan kerja paksa memindahkan meteorit ¾ mil dari tanah yang dimiliki oleh Perusahaan Besi dan Baja Oregon untuk mencoba mengklaim sebagai miliknya sendiri. Namun ia tertangkap, dan meteorit itu kemudian dibeli seharga $ 26.000, yang kemudian ditampilkan di American Museum of Natural History.

6. Mbosi, Tanzania: Perkiraan berat: 16 ton
Photographer unknown via Jensen Meteorites
Secara resmi ditemukan pada tahun 1930 – meskipun pada waktu itu diyakini sebagai batu suci bagi masyarakat adat – Tanzania Mbosi adalah meteorit raksasa, sepotong besar ruang logam diperkirakan seberat 16 ton. Seperti banyak meteorit, tidak ada tanda-tanda kawah itu pasti mencolok dibuat pada permukaan Bumi, yang mungkin menunjukkan bahwa menggelinding seperti batu besar yang setelah mendarat atau hanya menegaskan bahwa ia telah di sini selama ribuan tahun.

Pada tumpuan: Mbosi meteorit 1967
Photographer unknown via Arquivos Do Insolito
Kembali pada tahun 1930, hanya setengah Mbosi terlihat, begitu mendalam itu terkubur di dalam tanah; hari ini tanah di sekitar itu telah digali dan dibangun tumpuan kolom di bawahnya, meskipun posisi semula dikatakan harus dipertahankan.

5. Agpalilik, Greenland: Perkiraan berat: 20 ton
Photo: FunkMonk

Ditemukan pada tahun 1963 oleh Vagn F. Buchwald, Agpalilik, alias Manusia, adalah bagian utama keempat meteorit Greenland’s Cape York dan yang lebih kecil dari dua metorit dari peringkat 7 ini. Dengan berat kurang dari 20 ton itu dan dapat dilihat di Museum Geologi di Kopenhagen.

Cape York meteorit dari mana berasal Agpalilik menabrak bumi hampir 10.000 tahun yang lalu dan merupakan salah satu meteorit besi terbesar di planet ini. Selama berabad-abad, Inuit yang tinggal di dekat potongan yang terletak sebelumnya menggunakan mereka sebagai sumber logam untuk peralatan dan senjata, sebelum cerita-cerita tentang keberadaan mereka memasang telinga para ilmuwan kembali pada tahun 1818. Antara 1818 dan 1883, lima ekspedisi berangkat untuk melacak sumber besi bajingan, yang semuanya gagal.

4. Bacubirito, Meksiko: Perkiraan berat: 22 ton
Photographer unknown via Meteorite Art
Bacubirito meteorit besar dari Meksiko tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang terbaik dan objek ruang tunggal terbesar dari meteor yang bertabrakan dengan Bumi dan selamat. Perkiraan 22 ton, empat meter panjang lempengan besi dipajang di Centro de Ciencias de Sinaloa di Culiacan, di mana ia menarik pengunjung tertarik untuk mengukur nya.

Menggali ini: Bacubirito meteorit yang ditemukan pada 1863
Photographer unknown via Meteorite Art
Batu Rakasa dari Bacubirito meteorit yang ditemukan oleh ahli geologi Amerika Gilbert Ellis Bailey pada tahun 1892 – yang telah dikirim oleh Chicago jurnal Interocean ke Amerika Tengah dan Selatan – dan digali dengan bantuan masyarakat setempat. Seperti semua meteorit, namanya diambil dari tempatnya jatuh.

3. Ahnighito, Cape York, Greenland: 31 ton
Photo: VSmithUK
Potongan terbesar dari meteorit Cape York, Ahnighito, dikenal oleh Inuit sebagai Tenda, adalah 31 ton meteorit yang paling berat yang pernah tergerak oleh manusia. Desas-desus dari besi Greenland telah mencapai kalangan ilmiah pada tahun 1818, tapi 1894 sebelum penjelajah Kutub Utara Amerika Robert E Peary akhirnya menemukan sumbernya – dengan bantuan pemandu lokal yang tak bernama.

Genting operasi: The Ahnighito yang diluncurkan di atas kapal kapal Peary
 
Photographer unknown via Meteorite Recon
Butuh waktu tiga tahun untuk mendapatkan meteorit itu sampai ke kapal – belum lagi pembangunan rel kereta api hanya Greenland ditambah bantuan yang tak ternilai dari suku Inuit – tapi penjelajah tidak merencanakannya untuk menjualnya sebagai hadiah ke American Museum of Natural History dengan harga $ 40.000. Di museum, di mana meteorit tetap sampai hari ini, sebuah layar berdiri dibangun guna menopang secara langsung ke dalam batuan dasar di bawah ini untuk menahan batu sebesar 12,1 meter persegi.

2. El Chaco, Argentina: Perkiraan berat: 37 ton
Photographer unknown via Planeta Pia
Fragmen terbesar dari meteorit besi yang terpecah membentuk kelompok Campo del Cielo meteorit dan 60 sq km kawah pada bidang yang sama di Argentina, El Chaco adalah chuck kolosal objek suatu ruangan. Ini adalah kedua potongan tunggal paling berat meteorit yang ditemukan di Bumi – meskipun massa total Campo del Cielo fragmen akan mengklaim gelar di canter.

Campo del Cielo’s 37-ton El Chaco dimasukkan ke dalam skala
Photographer unknown via Jensen Meteorites

El Chaco terletak pada tahun 1969 pada kedalaman 5 meter dengan menggunakan detektor logam, meskipun sekitarnya kawah – diperkirakan sudah ada sekitar tahun 4,000-5,000 - dan pada tahun 1576 sudah dikenal oleh penduduk asli daerah tersebut. Sensasional, pada tahun 1990 kepolisian setempatmenggagalkan aksi pemburuan meteorit untuk mencuri El Chaco, yang pada saat itu sudah dipindahkan ke luar negeri.

1. Hoba, Namibia. Perkiraan berat: 60 ton
Photo: coda
pemenangnya mendekati dua kali beratnya dari pesaing terdekat, Namibia’s Hoba Berukuran lebih dari 6,5 meter persegi, 60-ton lempengan logam ini diyakini telah diperlambat oleh atmosfer bumi ke titik di mana ia jatuh ke permukaan dengan kecepatan yang meninggalkannya utuh dan nyaris tidak dikuburkan. Ini bahkan diperkirakan jatuhnya sampai ke bumi sama dengan batu yang dilemparkan ke air dan memantul.

Apa kami punya di sini: Salah satu yang paling awal foto-foto yang dikenal Hoba, sekitar 1930
Photographer unknown via Giant Crystals
Diperkirakan telah mendarat kurang dari 80.000 tahun yang lalu, Hoba terdiri dari sekitar 84% besi dan 16% nikel, dan tetap yang paling besar yang terjadi secara alamiah dikenal sepotong besi di permukaan bumi. Karena massa yang besar, itu tidak dipindahkan dari tempat itu jatuh sejak tahun 1920 yang ditemukan oleh seorang petani membajak ladangnya – yang mendengar gesekan keras sebelum lembu datang untuk tiba-tiba berhenti. Setelah menderita banyak vandalisme, sekarang batu ini telah dikunjungi oleh ribuan wisatawan setiap tahunnya.

Satu meteorit raksasa: Awal wisatawan mengunjungi Hoba, sekitar tahun 1955
Photographer unknown via Giant Crystals
Catatan: Fikabarkan 28 ton, Armanty di Xinjiang, Cina seharusnya ada pada daftar disini tapi sayangnya informasi dan gambar yang berkaitan dengan meteorit ini terlalu langka untuk didapat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger